Foto Kamera(tips foto macro dengan kamera pocket)

19 03 2013

Gunakan Mode Makro

foto kamera

Pilih mode ini jika anda ingin memaksimalkan fitur makro yang sudah di setel oleh produsen kamera saku. Mode makro biasanya disimbolkan dengan ikon bunga di kamera anda. Jika anda memilih mode ini, anda memberitahu kamera bahwa anda ingin memotret dengan jarak fokus yang lebih dekat dibanding biasanya (jarak fokus terdekat biasanya berbeda dari kamera satu ke kamera lainnya). Mode makro juga berarti kamera akan memilih aperture yang besar, sehingga obyek dalam fokus akan tajam sementara background-nya sedikit kabur.

Gunakan Tripod

Meskipun anda hanya menggunakan kamera saku, tripod sangat membantu ketajaman foto makro anda. Selain mengurangi goyangan kamera, tripod juga membantu anda dalam membangun komposisi dan sudut pemotretan yang lebih oke.

Setting Aperture

Jika kamera saku anda memiliki fitur untuk mengubah setting aperture saat dalam mode makro, bereksperimenlah dengan mengubah besaran aperture – f/x. Pilih angka x yang besar jika anda ingin bidang fokus yang luas (semua tampak fokus), atau pilih x yang kecil jika anda hanya ingin bidang fokus yang sempit (sehingga area diluar titik fokus tampak kabur). Mulailah dari angka yang aman, coba gunakan f/4 atau f/5.6 sebagai permulaan.

Fokus

Jika kamera memungkinkan, gunakan setting manual focus, sehingga anda lebih leluasa menentukan dimana titik yang ingin anda anggap sebagai titik fokus. Biasanya dalam mode makro, settingan fokus manual akan jauh lebih mudah dilakukan dibanding auto. Contohnya saat memotret bunga, kita akan bisa memastikan titik fokus jatuh di kelopak bunga dan tidak di tangkainya.

Lighting

Menggunakan flash di kamera saku justru akan menghasilkan foto yang tidak terlalu bagus. Matikan flash dan manfaatkan cahaya matahari tidak langsung, misalnya cahaya dari jendela atau saat mendung. Cahaya matahari langsung akan terlalu keras untuk kamera anda. Anda juga bisa memanfaatkan reflektor sederhana misalnya kertas putih, styrofoam atau alumunium foil untuk menerangi obyek yang terlalu gelap.

Gunakan Timer Kamera

Manfaatkan timer yang ada di kamera saku anda sehingga gambar yang dihasilkan jauh lebih tajam. Saat jari memencet tombol shutter di kamera, maka goyangan kamera akan membuat foto anda tidak tajam, untuk itulah timer akan sangat berguna karena kita bisa mengaktifkan kamera tanpa harus memencet tombol shutter. Anda membutuhkan tripod supaya lebih enak dalam memanfaatkan timer.





kamera photography

18 03 2013

Saat ini mungkin anda sedang menggemari fotografi, baik itu hanya sekedar dokumentasi kegiatan keluarga ataupun hobi yang biasa anda lakukan. Ada baiknya kita mengenal jenis-jenis kamera yang beredar di pasaran dan keunggulannya

kamera fotografi

1. Kamera saku (pocket camera)

Kamera ini adalah kamera yang cukup sederhana namun memiliki fungsi yang maksimal bagi anda yang baru memulai fotografi. Format penyimpanannya tersedia dalam bentuk digital menggunakan perangkat memori ataupun menggunakan film seluloid. Disebut kamera saku karena bentuknya yang ringkas dan sangat mudah menggunakannya. Keunggulannya adalah kepraktisan dalam penggunaannya.

2. Kamera SLR (single lens reflect)

Kamera ini biasa digunakan oleh orang yang sudah membutuhkan eksplorasi lebih dalam fotografi. Kamera ini dapat diganti-ganti lensanya sesuai dengan kebutuhan anda. Kamera inipun tersedia dalam berbagai jenis level yang sesuai dengan kebutuhan anda. Tersedia dalam dua jenis penyimpanan, yakni film dan digital. Keunggulannya adalah kemampuannya yang dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan anda.

3. Kamera Polaroid

Jika dekade lalu kamera ini umum digunakan oleh para fotografer sewaan di tempat-tempat wisata, sekarang kamera ini banyak tersedia dalam bentuk yang memang ditujukan untuk para penggemar foto langsung jadi. Keunggulan kamera ini adalah hasil fotonya yang dapat langsung tercetak sekejap setelah anda mengambil gambar.
4. Kamera Medium Format

Kamera ini umum digunakan oleh para fotografer profesional yang membutuhkan gambar yang sangat detail dan tajam untuk pencetakkan yang sangat besar. Harga kamera inipun umumnya dijual dengan harga yang sangat tinggi hingga ratusan juta.





digital kamera

18 03 2013

6 TIPS MERAWAT CAMERA DIGITAL SENDIRI TANPA HARUS KE DEALER RESMI. Merawat dan memelihara kamera digital sebetulnya tidak perlu berlebihan asalkan Anda tahu apa saja penyebab rusaknya kamera. Anda pastinya tidak menginginkan kamera digital kesayangan Anda rusak karena perawatan yang salah. Baca juga ‘DIBULLYING’ 18 ORANG SENIORNYA SAAT MOS, SISWA SMA DON BOSCO PONDOK INDAH LAPOR POLISI. Merawat bukan berarti selalu menyimpannya dalam tas, tetapi ada hal-hal kecil penyebab rusaknya kamera yang harus diketahui dan dicegah. Merawat dan memelihara kamera digital sebetulnya tidak perlu berlebihan asalkan Sobat tahu ke 6 musuh alami yang dalam hitungan detik dapat memperpendek umur sebuah kamera.
merawat-kamera-digital-slr

Ini dia 6 musuh alami yang mematikan dan beberapa tips penting yang harus Sobat hindari:

Embun – Ada banyak cara di mana uap air dapat mengakhiri kehidupan kamera Sobat. Selalu gunakan tali pengaman kamera pada leher atau pergelangan tangan untuk mencegah kamera Sobat jatuh ke air seperti sungai, danau, laut, kolam renang atau bak mandi. Untuk mencegah kerusakan akibat kondensasi, simpan bungkus silika gel dalam tas kamera Sobat . Silika gel ini efisien untuk menyerap semua kelembaban yang terbentuk saat Sobat bergerak dari zona suhu satu ke zona suhu yang lain. Apabila Sobat berada di lingkungan yang bersuhu lembab, sering-sering bersihkan kamera Sobat.

Debu – Ini dia satu musuh alami kamera digital Sobat. Debu bisa menjadi perusak utama ketika menempel pada bagian dalam kamera. Sensor gambar adalah salah satu wilayah yang mudah rusak oleh debu. Saat Sobat bepergian, jaga kamera Sobat dalam kantong yang tertutup rapat, dan jangan lupa untuk sering dibersihkan dengan Sensor Cleaner.
Garam – Pantai adalah tempat favorit fotografer terutama para landscaper karena memiliki pemandangan yang indah, tetapi hati-hati tempat ini juga berbahaya untuk kamera Sobat. Garam yang berasal dari laut yang sudah mengering dan terhembus angin bisa masuk ke kamera dan menyebabkan berbagai macam masalah termasuk korosi. Bila kamera sedang tidak digunakan, simpan saja dalam tas, dan harap-hati-hati saat Sobat mengganti lensa, membuka kartu memori atau baterai.

Pasir – yang satu ini bahkan lebih berbahaya dari debu. Partikel-partikel pasir yang kasar bisa menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada bagian kamera yang sering bergerak. Gunakan sikat pembersih khusus untuk menghilangkan partikel-partikel pasir. Hindari membuka kamera digital Sobat di tempat-tempat berpasir yang berangin atau dimana banyak orang yang berlari, melompat, dan melempar bola.

Tersentak dan tertubruk – Untuk melindungi perangkat fotografi Sobat dari tersentak dan tertubruk karena hal ini dapat menyebabkan kaera Sobat memiliki kerusakan parah. Bila sedang tidak digunakan, simpan kamera digital Sobat di tas kamera.
Krim dan lotion – Krim dan lotion seperti sunscreen, lotion nyamuk, salep anti alergi, dan sebagainya memiliki bahan kimia yang dapat membahayakan kamera Sobat. Jauhkan bahan kimia dari peralatan, dan jika Sobat sedang menggunakan krim dan lation tersebut, cucilah tangan Sobat sebelum menyentuh kamera.

Selain 6 musuh alami diatas, Sobat harus bersungguh-sungguh melindungi peralatan fotografi Sobat dari pencuri. Sedikit ceroboh saja kamera Sobat bisa hilang. Selalu menjaga kamera Sobat dalam tas kamera dan juga pastikan bahwa tas Sobat sudah teresleting secara sempurna. Ada bagusnya jika menggunakan tas punggung untuk memakainnya di depan. Selain itu, pertimbangkan untuk mengasuransikan Kamera Sobat, dan juga hindari untuk membawanya ke tempat-tempat yang tidak diperlukan.

 





foto kamera dslr

18 03 2013

Hobi fotografi akhir-akhir ini memang semakin digemari oleh banyak orang karena hobi ini tidak semahal dulu. Era digital memang mempermudah hobi yang satu ini. Kita tidak perlu lagi beli roll film dan  harus mencetaknya untuk mengetahui hasilnya tinggal jepret-jepret sepuasnya dan langsung bisa diketahui hasilnya di layar kamera. Tidak perlu khawatir foto yang dihasilkan jelek, toh ada software editing. Warna pucat bisa jadi cerah, kulit hitam bisa jadi putih, wajah berjerawat bisa jadi mulus, foto gelap (under exposure) bisa dibuat terang dengan software ini

foto kamera dslr

Penggemar fotografi jaman dulu, harus rajin mencatat setelan yang digunakan pada setiap foto seperti kecepatan rana (shutter speed) dan diafragma, sebagai bahan koreksi untuk foto selanjutnya. Jadi untuk bereksperimen tentu saja butuh biaya yang tidak sedikit karena harus menyiapkan beroll-roll film kemudian mencetaknya. Bayangkan saja habis berapa roll film untuk membuat sebuah foto dengan hasil yang maksimal.

Bagi sebagian orang mungkin memiliki persepsi bahwa sebuah foto yang bagus dihasilkan oleh kamera mahal, semakin mahal kameranya maka semakin bagus pula hasil fotonya. Nggak sepenuhnya salah sih… tapi menurut saya sebuah hasil foto yang bagus dihasilkan oleh kepiawaian fotografernya.  Alih-alih beli kamera canggih tapi tidak piawai dalam penggunaannya, malah pakai mode auto, nggak salah sih tapi kalau hanya pake mode auto kan nggak perlu beli kamera mahal hehe…

Foto yang bagus memang tidak melulu dihasilkan oleh kamera bagus, kamera dari sebuah handphone juga bisa membuat foto-foto indah. Foto-foto yang dihasilkan oleh kamera handphone saat ini juga tak kalah bagus dengan kamera-kamera DSLR. Tergantung bagaimana kita menerapkan prinsip dasar dalam fotografi seperti komposisi, dan lighting. Beberapa kelemahan memang terdapat dalam kamera handphone, seperti misalnya untuk foto malam hari atau kondisi dengan pencahayaan yang minim, walaupun ada flash tapi hasilnya jauh lebih baik menggunakan kamera DSLR atau kamera digital saku. Karena memang fungsi utama handphone  bukan untuk memotret tapi sebagai alat komunikasi dan kamera di dalamnya hanya sebagai pelengkap agar punya nilai tambah.

Karena saya hanya fotografer amatir, kadang merasa kamera yang bodinya bongsor kurang nyaman untuk dibawa kemana-mana kecuali memang berniat hunting foto atau traveling. Padahal momen atau gambar menarik bisa ada di setiap waktu dan tempat, solusinya kamera HP tentu saja karena selalu ada setiap saat hehehe….

Jangan khawatir soal hasilnya, karena ada aplikasi-aplikasi editing foto dalam handphone yang bisa kita unduh baik berbasis iOS ataupun Android. Dan cukup membantu membuat foto-foto kita jadi seperti hasil foto kamera digital berbodi bongsor. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh seperti Photoshop Express, Photo Arts, HDR FX, Pixlr Express dan banyak lagi. Tapi yang jadi favorit saya untuk editing adalah Pixlr Express, selain fiturnya lengkap yang versi web nya juga ada.

Aplikasi ini memiliki fitur yang menurut saya komplit, menyediakan beragam fungsi seperti merotasi posisi jenis foto atau gambar apapun; memotong atau menggambar bagian foto mengatur ukuran foto; dan juga menambah tingkat pencahayaan dan warna pada foto kita. Untuk membuat efek gambar, dalam aplikasi ini terdapat lebih dari 30 macam efek gambar yang dapat diaplikasikan. Pokoknya nggak kalah hasilnya dengan kamera DSLR deh..

 





kamera foto digital

18 03 2013

Bagi seorang pemula menggunakan kamera analog sering menemukan kendala baik dalam proses pemotretan maupun dari kualitas foto yang dihasilkan. Misalnya : gambar yang kurang sempurna, kesulitan dalam menentukan fokus suatu objek, serta gambar objek yang tak langsung terlihat seperti hasil foto yang sebenarnya. Belum lagi proses pencetakan yang memerlukan ruang gelap dan hasil foto yang tidak bisa diperbaiki/diedit.

Sedangkan apabila anda memotret dengan menggunakan Kamera Digital, anda akan dimudahkan. Dengan menggunakan fasilitas yang ada, Anda dapat menggunakannya dengan mudah, walau anda bukan seorang fotografer profesional. Materi ini akan memperkenalkan kepada anda tentang konsep Kamera Digital, bagian-bagian dan teknik pengoperasiannya.

kamera foto digital

  1. Pengertian Kamera Digital

    Dilihat dari proses dan hasil perekaman gambar pada Kamera Digital dapat didefenisikan bahwa Kamera Digital merupakan perangkat perekam gambar yang menyimpan data gambar dalam format digital. Kamera Digital termasuk produk teknologi digital (perangkat digitizer) dengan kemampuan mengambil input data analog berupa frekuensi sinar dan mengubahnya ke bentuk mode digital elektronis.

    Cara kerja Kamera Digital hampir sama dengan Kamera Analog. Perbedaan yang mendasar dapat dilihat dari tabel berikut :

  2. Media Penyimpanan Foto

    Kamera analog (kamera biasa) menggunakan lensa untuk mentransfer hasil foto ke dalam negative film dari cahaya yang ditangkap.Negative film ini merupakan media penyimpannya, dan sangat sensitif terhadap cahaya.

    Pada kamera digital perekam gambar menggunakan sensor CCD(Charge Coupled Device) atau CMOS (Complemetary Metal Oxidane Silicon) yang kemudian hasilnya direkam dalam format digital ke dalam media penyimpanan digital semacam Compact Flash, Secure Digital, Memory Stick, dsb. Karena hasil disimpan dalam format digital akan memudahkan untuk ditransfer ke pengolah foto digital semacam komputer, untuk keperluan editing berupa perubahan pada warna, ketajaman, kecerahan dan latar belakang objek.

 

  1. Megapixel Kamera Digital

    Kamera digital saat ini sudah memiliki sensor penangkap gambar CCDlebih dari jutaan pixel. Semakin banyak pixel yang bisa ditangkap akan semakin detail dan semakin halus gambar yang dihasilkan. Misalnya : untuk memotret gambar ukuran pos card , Anda cukup membeli kamera digital dengan kapasitas sensor 1 Mega pixel. Kamera dengan kapasitas sensor 1 Mega Pixel ini juga masih mencukupi untuk keperluan gambar di website. Akan tetapi untuk keperluan gambar yang jauh lebih detail maka diperlukan kamera dengan kapasitas sensor 2 Mega Pixel atau lebih. Bagi fotografer profesional kini sudah tersedia kamera berkapasitas 5-10 Mega pixel.

    Yang perlu diingat adalah semakin banyak sel-sel sensitif foto yang ditampung dalam chip CCDsemakin banyak gangguan-gangguan elektronik yang dihasilkan. Hanya pembuat sirkit elektronik yang cerdik dan canggih yang mampu menangani persoalan ini. Dan sekarang ini memang menjadi persoalan serius, karena belum terlihat siapa penghasil chip CCD terbaik saat ini.

  2. Perbedaan CCD dan CMOS 
    Saat ini banyak kamera digital murah yang menggunakan sensor CMOS dari pada CCD. Apa kelebihan dan kekurangan CMOS dibanding CCD ? CMOS memiliki keunggulan dimana ongkos produksi murah sehingga harga kamera lebih terjangkau. Sedangkan CCD memiliki keunggulan dimana sensor lebih peka terhadap cahaya sehingga pada kondisi redup (sore/malam) tanpa bantuan lampu blitz / Flash masih bisa menangkap objek dengan baik, sedangkan pada CMOShasil perekaman objek sangat buram.




Aplikasi edit foto fotografer

18 03 2013

PSMeskipun ada banyak yang siap order edit kanvas landscape dan gambar dari fotografer pro, tapi lebih baik untuk membuat seni kanvas Anda sendiri untuk memiliki sentuhan pribadi. Mengingat resolusi foto yang tepat, salah satu yang paling dapat dibuat sesuai hati anda, itu sebabnya harus melihat program terbaik pengedit foto gratis untuk komputer Windows di sini. membaca, dan men-download yang baik untuk anda.

1.GIMP

GIMP Ini adalah yang paling teratas setiap orang harus memiliki daftar pengedit foto gratis ini, dan merupakan pesaing serius untuk mainstream editor foto berbayar seperti Photoshop. Memiliki antarmuka pengguna yang ramah dan banyak pilihan.

2.VCW(Vicman’sPhotoEditor)

Program Vicman’s Photo Editor ini membantu menciptakan seni kanvas sempurna dengan antarmuka yang akan terlihat sangat akrab bagi pengguna mainstream setiap program editing gambar, terutama mereka yang akrab dengan Adobe CS. Versi komersial biaya $ 30, tapi versi gratis akan cocok untuk sentuhan lebih seni kanvas yang diperlukan untuk mencetak file.

3.ImageForce

Anda dapat melukis gambar dan mengedit foto dengan Image Force perangkat lunak gratis ini berbasis Windows. Ini memiliki beberapa efek visual untuk foto – hemat dengan menggunakan cetakan kanvas Anda.

4.Paint.net

Proyek yang sedang berlangsung ini dimulai oleh mahasiswa Universitas Washington State, dan mudah cocok untuk aplikasi berbayar. Memiliki kemampuan untuk mengedit gambar standar serta efek dan lukisan, dapatkan gratis paint.net.

5.UltimatePaint

Penciptaan, mengedit dan efek yang semua kemungkinan dengan program Ultimate Paint ini – perbedaan adalah ukuran dan kelangsungan. Rilis sekarang tersedia naik bertahun-tahun, tetapi beberapa orang masih bersumpah dengan itu untuk mengedit foto untuk pencetakan seni kanvas.

6.PhotoFiltre

Jika Anda tidak yakin dengan tingkat memilih untuk menyesuaikan gambar, PhotoFiltre memakan banyak yang menebak dari tugas itu. Hal ini juga sangat cepat – Anda tidak akan menghabiskan berjam-jam mencari tugas-tugas yang Anda inginkan. Organisasi komersial harus membayar – tetapi untuk Anda, it’s free!

7.Photoshop.com

Bukan teknis editing gambar aplikasi berbasis Windows – ini sebenarnya adalah sebuah aplikasi berbasis browser. Anda tidak perlu download sesuatu, dan antarmuka Photoshop.com akan tampak jauh lebih akrab … karena datang di latar belakang browser favorit Anda. Ada pilihan bebas untuk digunakan

8FotoFlexer.com

Perangkat lunak jenis layanan yang menawarkan untuk mencetak penciptaan seni kanvas, FotoFlexer adalah sangat sederhana untuk menggunakan aplikasi editing gambar online. Ini termasuk gaya Photoshop Curves dialog – tetapi downside adalah bahwa rotasi terbatas pada 90 derajat bertahap.

9.Photoscape

Tidak terlihat seperti pada pandangan pertama – tetapi mereka yang telah menggunakannya untuk sementara waktu pendukung sering bernafsu Photoscape . Ini memiliki fitur profil yang sangat besar, menyaingi Photoshop, serta alat-alat praktis seperti kemampuan pemrosesan batch, RAW converter, alat penangkapan layar, colour picker, dll

10.SerifPhotoPlus

Dengan menggunakan software Serif PhotoPlus ini untuk mengedit seni kanvas Anda mencetak foto adalah cara yang hebat untuk mengenal yang berbayar, program komersial gratis. PhotoPlus serif memberikan versi lama menjauh dari perangkat lunak mereka secara gratis, untuk menarik pengguna untuk membeli versi saat ini.

 





hasil foto kamera digital

18 03 2013

6 Tips Untuk Hasil Foto Terbaik Pada Kamera Digital

hasil foto kamera digital

Kita hidup di dunia hari ini di mana aturan teknologi digital yang bertengger di hampir setiap dan setiap dimensi kehidupan kita. Mengejar tanpa henti oleh banyak orang untuk menggunakan teknologi untuk meningkatkan standar hidup telah mengakibatkan tanah-melanggar banyak penemuan yang menandai munculnya gadget digital baru sebagai hadiah kepada peradaban manusia. Salah satu gadget digital yang kita gunakan sangat luas saat ini adalah kamera digital – hampir satu dari lima rumah tangga memiliki setidaknya satu gadget fotografi digital ini hari ini.

Namun, ada banyak yang masih mendambakan tips untuk membuat penggunaan terbaik-dengan bangga ini memiliki perangkat digital. Mungkin terdengar lucu tapi banyak pemilik kamera digital tidak punya banyak ide tentang mengambil foto hebat. Hanya besar fotografi lebih dari sekedar mengambil gambar biasa, tetapi adalah tentang menangkap momen yang sangat berharga dengan cara yang membuat Anda menghargai kenangan untuk selamanya. Jadi apa yang diperlukan untuk belajar seni memegang kamera digital Anda sebagai fotografer profesional? Mari kita menyelidiki rincian:

1.Cahaya Matahari

Salah satu keterampilan kunci fotografer profesional adalah kemampuan mereka untuk memanfaatkan cahaya matahari untuk keuntungan mereka. Sebagai soal fakta, cahaya matahari alami pencahayaan yang indah menawarkan kesempatan untuk gambar terbaik dengan warna dan lebih detail. Namun, waspadalah terhadap sinar matahari cerah dan overhead karena dapat melemparkan bayangan kasar dan lebih buruk, mencuci detail di wajah. Selalu mencoba untuk menembak dengan matahari di belakang Anda.

2.Kondisi Berawan

Berlawanan dengan apa yang banyak orang percaya, kondisi mendung benar-benar memberikan yang terbaik dari bakat kreatif Anda untuk menangkap gambar hati. Jika Anda tahu bagaimana menggunakan kamera digital terampil, Anda dapat benar-benar mencapai menyoroti menarik dengan suasana hati yang disempurnakan di bawah langit mendung. Kuncinya adalah untuk membuat pop up warna kontras dengan langit mendung. Hanya cukup berhati-hati untuk membungkus kamera Anda dalam beberapa kantong plastik dengan lubang untuk membiarkan kantung melalui lensa.

3.Foto waktu malam

Malam bisa menjadi waktu yang menyenangkan untuk mengambil gambar spektakuler bahkan ketika Anda mematikan lampu kilat. Untuk menghindari kemungkinan gambar kabur, pastikan

bahwa Anda tetap stabil dan menetapkan kecepatan rana lamban untuk membiarkan masuk cukup cahaya lebih baik lagi, cobalah menempatkan kamera digital pada tripod dan mengatur timer untuk menembak menghindari risiko gerakan kamera hanya ketika anda menekan pelatuk.

4.Menggunakan Flash

Flash dapat menjadi alat kritis kamera digital untuk mencapai hasil yang luar biasa. Anda hanya perlu menjaga jarak yang tepat dari subjek Anda. Pada umumnya, lampu kilat dalam kebanyakan kamera memiliki jangkauan sepuluh meter. Oleh karena itu, jika Anda terlalu jauh ke subjek Anda, Anda mungkin berakhir dengan gambar-gambar gelap. Sebaliknya, jika Anda terlalu dekat, Anda mungkin mendapatkan foto overexposed flash.

5.Posisi Kamera

Sering kali, bagaimana Anda memegang kamera digital ke subjek Anda dapat membuat semua perbedaan antara foto yang baik dan menakjubkan satu. Anda hanya perlu mengubah sudut untuk menangkap gambar kreatif. Selain itu, hanya memindahkan kamera Anda dalam kaitannya dengan subjek. Hanya untuk melihat apa yang terbaik, eksperimen sedikit dengan Anda komposisi oleh zooming in dan zooming out. Hasil sering bisa sangat bermanfaat dan menyenangkan.

6.Latar Belakang Elemen

Elemen Latar belakang subjek Anda berpotensi dapat membuat atau merusak hasil usaha fotografi Anda. Oleh karena itu, Anda harus sadar akan kekacauan dan mengganggu unsur-unsur di belakang subjek. Cobalah untuk menghindari mengambil foto dengan latar belakang bersaing atau sibuk. Selain itu, carilah menghubungkan setiap objek dengan subjek dan menghapusnya sebelum mengambil foto.

 





belajar fotografi dslr(Trik Foto Levitasi Dengan Kamera DSLR)

18 03 2013

Apa itu Levitasi dalam dunia fotografi ? Levitasi merupakan suatu trik fotografi dimana hasil gambar yang didapatkan bagaikan objek yang melayang tanpa menggunakan alat bantu. Beberapa cara yang digunakan untuk mendapatkan teknik Levitasi diantaranya yaitu dengan mengggunakan teknik pengambilan gambar dan foto editor.

levitasi
Berikut beberapa tips foto Levitasi yang Cyber4rt dapatkan dari laman yowayowacamera.com:

  1. Continuous Shooting, sekali tekan tombol langsung mendapatkan beberapa gambar
  2. Shutter Speed tinggi, lebih baik diatas 1/500. Perlu diperhatikan pencahayaan yang cukup sangat penting dalam pengambilan gambar ini
  3. Low Angel, agar object orangnya terlihat lebih tinggi
  4. Pastikan cahaya cukup
  5. Adanya tampilan bayangan object akan membuat foto menjadi nyata

 





photografi indonesia

18 03 2013

Perkembangan fotografi di Indonesia bermula dari masa penjajahan dan ParaFotografer pada zaman “VOC” bukan dari kalangan awam kebanyakan mereka (orang Indonesia) berasal dari kalangan kelas menengah dan pernah belajar disekolah-sekolah didikan Hindia-Belanda serta banyak fotografer Indonesia yang berdarah atau keturunan Belanda. Fotografi pasti memiliki sejarah yang melatar belakanginya, sejak diperkenalkan di tahun 1820-an, Fotografi berkembang semedikian pesatnya hingga perkembangan fotografi di masa sekarang yang lebih canggih .

 

Dalam dunia fotografi harus kita ketahui dan mempelajari foto serta penggunaan Kamera. Dibutuhkan dasar-dasar akan hal itu, begitupun dengan perkembangan dari fotografi itu sendiri, sehingga kita bukan hanya mempelajari kamera, film pada fotografi.

 

Dan sebenarnya banyak sekali spesialisasi yang terbentuk seiring penemuan teknik baru yang memberikan keleluasaan kepada fotografer untuk merekam objek tertentu. Tetapi secara garis besar fotografi studio bisa digolongkan sebagai berikut :

1. Fotografi potret

fotografi potret

 

2. Fotografi still life

fotografi still life

 

 

 

3. Fotografi fashion

fotografi fashion

 

4. Fotografi Interior

fotografi interior

 

5. Fotografi wedding

potografi wedding

 

6. Fotografi People

4.1b9

Tentunya terbagi dalam yang lebih khusus. Misalnya fotografi still life dibagi menjadi fotografi otomotif, makanan, mesin, produk, dan sebagainya.

 





teknik fotografi kamera digital

18 03 2013

Dengan kamera digital kita dapat memotret apapun yang kita mau,kemajuan teknologi sekarang telah membawa kamera digital terus mengalami perkembangan resolusi,kamera digital yang beredar dipasaran berkisar 4 hingga 6 Megapixel bahkan lebih.Dengan 6 megapixel gambar yang akan kita potret akan semakin bagus.Tetapi biarpun kita memiliki kamera 6 megapixel ataupun diatas 6 megapixel tetapi jika tidak tidak tau cara memotret dengan benar sama saja.Untuk itu saya akan memberikan tips-tips dasar sehingga kamera anda dapat bekerja secara maksimal.

Teknik-Fotografi

1.Flash Otomatis
Maksudnya disini adalah lampu flash kamera,dimana lampu flash kamera dirancang untuk pemotretan diruang yang kurang cahaya,sehingga dengan flash kualitas gambar akan menjadi maksimal.Namun sebaiknya hindarinya penggunaan lampu flash karena membuat pencahayaan gambar menjadi kurang natural,sehingga gambarnya tidak seindah dengan aslinya,jadi lampu flash kamera anda diset otomatis saja,sehingga hanya menyala pada saat cahaya kurang.

 

2.Efek “mata merah”

 

Mata merah disini bukan gambar yang didalam foto kita kurang tidur tetapi karena sambaran lampu kilat yang sejajar dengan arah lensa.Beberapa kamera dilengkapi flash dengan fasilitas anti red eye,dengannya sebelum flash menyala penuh,kamera menyalakan flash pembuka yang bertujuan untuk iris mata simodel tertutup.tapi tidak usah khawatir anda tidak usa buru-buru mengganti kamera,karena sekarang sudah banyak aplikasi kamera digital yang dapat menghilangkan efek mata merah,contohnya saja software acdsee,atau jika anda mau yang freeware silakan anda kunjungin web ini http://www.10soft.com nama softwarenya adalah S10Redeyes 2.0

 

3.Area Putih

 

Kamera mengubah terang warna salju atau benda putih lainnya menjadi kelabu,kita dapat mengatasinya dengan cara mengatur kembali kompensasi EV [kompensasi pencahayaan].jika kamera anda memiliki fasilitas ini naikkan kompensasi EV antara 0.7-1 EV.Sehingga kamera akan menangkap gambar menjadi terang dan akan membuat seragam berwarna putih menjadi sangat terang.

 

4.Foto Ukuran Kecil

 

Ada dua cara untuk membuat file menjadi kecil.Jangan kurangi dimensi(panjag&lebar)gambar karena akan menurunkan jumlah pixel.Dimensi gambar yang kecil juga kurang baik untuk dicetak dalam ukuran besar,jadi gunakan ukuran foto maksimal,kurangin saja kualitas gambarnya.Penurunan mutu ini hanya menyusutkan kekayaan warna gambar,tetapi foto masih kelihatan lebih bagus.

 

5.Reaksi Lambat

 

Olahraga,binatang,anak kecil merupakan objek foto yang rada susah diabadikan.Anda mesti mengimbangin kecepatan gerak mereka,salah-salah jika tidak pas maka objek foto tidak sesuai dengan komposisi.Ini terjadinya karena adanya shutter log (jeda antara penekanan tombol dan perekaman gambar).Untuk itu tempatkan diri anda pada posisi yang tepat kemudian bidik sasaran,lantas tekan setengah tombol untuk mengunci fokus,sekarang tunggu momen yang tepat dan tekan penuh tombol seraya mengikuti perkembangan objek.

 

6.Latar Belakang

 

Ketika memotret wajah perhatikan latar belakangnya,hindari latar belakang yang berwarna-warni atau gambar yang semerawut,yang menyebabkan foto wajah kurang menonjol,bisa jadi justru latar belakang yang menjadi menonjol,jadi berusahalah untuk menghindarinya.

 

7.Foto Berdimensi

 

Potret diri(portrait),yang difoto dengan cara biasa,umumnya kurang menampakan dimensi yang kuat dan terasa datar-datar saja,ketika anda mendekati hidung sang model,gambar hidung malah menjadi besar dari proporsi wajah yang seharusnya.Mundurlah dan aktifkan zoom dan bidiklah wajah hingga memenuhi frame.

 

8.Jari di Lensa

 

Jangan lupa sebelum memotret dibuka dulu tu penutup lensa,jika tidak jangan harap bisa memotret,tetapi meskipun jari anda tertutup lensa,tapi masih bisa memotret..ini terjadi pada kamera saku yang berukuran kecil ,anda bertangan besar bakal susah memegangnya,peganglah kamera dengan dua tangan tangan kiri mencengkram tustel dari atas dan bawah,bukan depan dan belakang.

 

9.Ekspresi Wajah

 

Agar foto wajah disiang hari tak mengandung bayangan gelap, hadapkan muka model kearah datangnya cahaya,masalahnya sinar matahari cenderung membuat silau model,bisa jadi mata model menjadi menyempit solusinya pergilah ketempat yang agak teduh dan arahkan pandangan model ketempat itu,warna foto bakal lebih bagus ketimbanh sebelumnya.

 

10.Jarak Terlalu Jauh

 

Inilah yang sering dialami fotografer amatir;objek terlalu kecil kamera dibidik terlalu jauh,padahal mata manusia pilih kasih.objek mata kurang menonjol akan tampak biasa saja,karenanya pakailah perbesaran optikal pada lensa bidiklah hanya pada objek yang paling menarik.Latihlah diri anda dengan mengamati semua bagian dalam bingkai bidikan andasecara cermat,jangan hanya melihat objek utama saja.

 

11.Warna Kalem

 

Potret wajah diruang terbuka kerap menghasilkan warna foto memucat.Apalagi jika anda memotret dari bawah pohon yang berlimpah cahaya.Konfigurasi White Balance menormalkan warna itu,sayangnya kemampuan white balance terbatas.Ganti setelan white balance menjadi Cloudy agar gambar tampak menjadi lebih inda.Ketika memotret diarea bayangan,menyetel white balance menjadi shade membuat langit menjadi biru.

 

12.Sensor Kotor

 

Ini masalah klasik yang sering ditemukan pada kamera DSLR sehingga muncul titik-titik kecil berwarna hitam akibat debu yang menempel pada sensor kamera.Kamera saku tak mengalami ini karena lensa dan sensornya dirakit rekat dan tertutup oleh casing yang rapat.
Kotoran tadi bisa dibersihkan dengan cara
1.Lewat program gambar digital,misalnya adobe photoshop
2.Gantilah lensa jika memang diperlukan
3.Membawa ketempat servis kamera agar hasil pembersihannya maksimal