Cara Memotret dengan Kamera Digital untuk Pemula

6 03 2013

Kini, zaman sudah semakin canggih. Semuanya serba instan. Begitupun dengan kamera. Kamera digital diciptakan memang untuk memudahkan siapapun yang ingin belajar menjadi fotografer yang handal. Dengan kamera digital, belajar bagaimana cara memotret yang benar akan dirasakan dengan mudah. Anda tidak perlu reepot-repot, cukup tekan dan gambar tersebut akan terekam.

2. Kamera DigitalBerfoto rasanya menjadi hobi bagi sebagian besar masyarakat. Mengabadikan momen-momen tertentu bahkan diangap wajib. Sayang rasanya jika hal-hal menyenangkan itu berlalu saja dan hanya membekas di ingatan, begitulah kira-kira. Alasan itulah yang membuat orang ramai-ramai untuk sedikitnya mencari informasi bagaimana cara memotret yang dapat menghasilkan gambar bagus dan menarik.

Kegiatan memotret memang menjadi kegiatan menyenangkan yang digemari.  Berikut ini beberapa kondisi yang harus diperhatikan ketika melakukan kegiatan dan cara memotret agar hasil dari jepretan Anda memuaskan.

  • Lakukanlah pemotretan dengan tenang.
  • Tentukan objek pemotretan dengan cermat sehingga diperkirakan Anda akan mendapatkan hasil yang bagus.
  • Jangan lupa untuk menentukan sudut pandang pemotretan yang lain daripada yang lain. Dengan demikian, Anda akan memperoleh foto yang indah dan unik.
  • Sebaiknya lakukan pemotretan di pagi hari agar udara masih terasa segar dan Anda tidak terkena sengatan terik matahari.

Selanjutnya, siapkan kamera digital Anda. Prinsip utama yang harus selalu Anda ingat ketika melakukan pemotretan adalah cahaya yang ditangkap oleh kamera. Usahakan Anda dapat menentukan intensitas cahaya yang cukup sehingga diperoleh hasil pemotretan yang baik pula.

Artinya, usahakan memilih tempat pemotretan yang cukup terkena cahaya, baik itu cahaya alami ataupun cahaya buatan (dari lampu). Jika cara memotret Anda salah, cahaya tersebut akan memengaruhi hasil jepretan Anda.

Apabila Anda melakukan pemotretan di luar ruangan, diperlukan cahaya matahari yang cukup. Sebaliknya apabila Anda melakukan pemotretan di dalam ruangan, diperlukan cahaya yang dapat berasal dari lampu. Selain itu, pergunakanlah lampu kilat (flash) dan kaki tiga (tripod) jika diperlukan.

Hal-hal yang seharusnya diperhatikan ketika melakukan pemotretan adalah sebagai berikut.

  • Anda sebaiknya memahami keterbatasan peralatan kamera digital yang dimiliki.

Jangan kecewa jika hasil pemotretan tidak sebaik yang diharapkan. Boleh jadi hal itu diakibatkan karena keterbatasan kemampuan dari perangkat kamera yang Anda miliki bukan karena cara memotret Anda yang salah. Semakin baik suatu kamera, semakin sensitif kamera tersebut menangkap cahaya yang masuk dengan jarak lebih beragam. Oleh karena itu, optimalkan kemampuan kamera dengan memahami cara memotret yang baik.

  • Anda sebaiknya dapat mengatur pemotretan yang dilakukan.

Aturlah pemotretan yang akan dilakukan sehingga Anda dapat memilih tempat yang cukup terkena cahaya. Dengan demikian, diharapkan Anda dapat memperoleh hasil yang baik. Atur pula sudut pandang untuk setiap pemotretan yang dilakukan sehingga Anda akan memperoleh hasil pemotretan yang menarik dan unik. Cara memotret seperti ini akan membuat hasil jepretan Anda memuaskan.

  • Anda sebaiknya memahami prinsip dasar pemotretan.

Ingatlah selalu bahwa cara memotret  yang berhasil adalah ketika kamera mendapatkan cukup cahaya. Selain itu, gunakan prinsip sembilan bagian daerah pandang pemotretan, dengan menempatkan objek pemotretan pada salah satu bagiannya. Pada kamera digital tertentu, kita dapat mengaktifkan layanan menu pengaturan garis-garis bantu (grids). Layanan tersebut akan membentuk sembilan daerah pemotretan tersebut. Jadi, dengan mudah kita dapat menempatkan objek pemotretan pada salah satu daerah tersebut.

  • Cetaklah foto-foto hasil pemotretan.

Dengan mencetak foto-foto hasil pemotretan, Anda dapat mengukur kemajuan kemampuan  memotret setiap waktu. Cara memotret yang salah pun bisa segera diperbaiki.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: