Tutorial Fotografi

5 03 2013

Tutorial fotografi diperlukan bagi para fotografer pemula. Tutorial ini diperlukan agar lebih memudahkan dalam belajar fotografi. Karena dalam proses belajar dan masih pemula maka banyak hal yang akan dicari tahu mengenai fotografi. Fotografi saat ini menjadi sebuah hobi yang banyak diminati. Bahkan tidak jarang hanya karena menyukai hal-hal bidang fotografi justru menjadi profesi. Itulah sebabnya banyak orang mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, orang tua belajar fotografi. Tutorial fotografi pun banyak orang yang kemudian mencari. Terlebih saat ini perkembangan teknologi semakin pesat. Sehingga tutorial fotografi tersebut pun bisa dicari atau diperoleh melalui internet. Saat ini banyak kalangan yang menyediakan

tutorial potoTutorial fotografi secara cuma-cuma melalui blog pribadi maupun website mereka sehingga lebih memudahkan.

Tutorial fotografi bisa dalam bentuk apa saja. Namun untuk pemula yang masih bingung mengenai jenis-jenis kamera, bisa dimulai mengenai jenis-jenis kamera, antara lain :

  • Kamera analog, kamera ini merupakan jenis kamera yang konvensional yang menggunakan media penyimpanan yaitu film. Kekurangan kamera jenis ini adalah tidak bisa langsung melihat langsung hasil foto yang diambil karena harus melalui cuci cetak.
  • Digital pocket camera atau kamera digital saku yang saat ini sedang menjadi tren. Beragam harga pun saat ini bisa menjadi pilihan. Selain itu jenis kamera ini juga lebih memudahkan karena hasil gambar yang diambil bisa langsung dilihat.
  • Digital Single Lens Reflect (DSLR), jenis kamera ini lebih sering digunakan oleh kalangan profesional tetapi banyak juga pemula yang menggunakannya. Harganya pun jauh lebih tinggi dibandingkan kamera saku. Kelebihan DSLR nantinya seorang fotografer bisa menambah daya tangkap lensa yang digunakan misalnya menggunakan lensa tele. Melalui Tutorial fotografi yang berisi mengenai jenis-jenis kamera tersebut tentu akan lebih memudahkan para fotografer pemula.

Tutorial fotografi online

Tutorial fotografi bisa diperoleh secara cuma-cuma melalui internet. Karena banyaknya peminat dalam belajar fotografi maka banyak juga yang akhirnya menyediakan tutorial tersebut. Tutorial yang disediakan pun cukup beragam. Bisa dalam bentuk pengenalan jenis-jenis kamera, cara menggunakan kamera bahkan penjelasan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan fotografi mulai dari ISO, shutter, foto close up, diafragma dan lainnya. Selain itu tutorial pun juga disediakan dalam materi yang boleh didownload dengan bebas. Ada juga yang menyediakan tutorial dalam bentuk video sehingga bisa juga mempraktikkan dengan melihatnya. Kekurangan tutorial dalam bentuk video tersebut tergantung bagaimana akses innternet yang digunakan. Semakin cepat aksesnya maka akan semakin cepat pula video yang bisa dilihat. Video tersebut pun bisa juga didownload. Adanya Tutorial fotografi secara online tersebut semakin memudahkan para fotografer pemula dalam belajar fotografi.

Tutorial fotografi yang ada akan memudahkan para pemula dalam belajar fotografi. Apalagi saat ini perkembangan teknologi semakin cepat, setiap orang menginginkan hal-hal yang serba cepat. Begitu pula dalam menemukan tutorial apapun termasuk fotografi. Adanya internet juga memudahkan bagi siapa saja yang ingin berbagi mengenai tutorial fotografi. Hanya dengan memiliki sebuah website kemudian di dalamnya berisi mengenai segala seuatu yang berkaitan dengan fotografi maka orang-orang yang membutuhkannya pun bisa mengaksesnya. Saat ini banyak hal dicari melalui internet, bahkan untuk melakukan pembelian barang maupun penjualan barang. Sehingga adanya Tutorial fotografi secara online pun juga semakin memudahkan siapa saja yang ingin belajar.

Tutorial fotografi mengenal berbagai hal mengenai fotografi

Tutorial fotografi bisa berupa banyak hal. Tutorial yang diberikan bissa bermacam-macam termasuk tutorial dalam memilih dan merawat kamera. Ada juga tutorial yang menjelaskan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan fotografi, misalnya :

  • ISO (International Standard Organization), diapahami sebagai ukuran tingkat sensitifitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin gelap kondisi obyek yang akan diambil maka ISO yang diperlukan akan semakin tinggi. Begitu juga sebaliknya, jika cuaca cerah ISO yang digunakan juga rendah. ISO 100 dinilai cocok untuk segala kondisi (jika cerah).
  • Diafragma, mengatur banyaknya cahaya yang masuk.
  • Lensa fish eye atau lensa wide angle, untuk menghasilkan gambar yang melengkung.
  • Kecepatan rana, kecepatan shutter membuka dan menutup kembali
  • Lensa tele, berfungsi mendekatkan subyek dan mempersempit sudut pandang.

Adanya Tutorial fotografiyang memberikan penjelasan mengenai fungsi beberapa fasilitas yang ada di kamera semakin memudahkan para fotografer pemula yang sedang belajar.

 

Tutorial fotografi untuk meningkatkan keahlian memotret

Tutorial fotografi saat ini semakin beragam layanan yang diberikan. Bisa dalam bentuk layanan tulisan bahkan video. Adanya tutorial semakin meningkatkan kemampuan para fotografer. Bisa jadi banyak teknik-teknik fotografi yang baru langsung bisa diterapkan. Tutorial yang ada pun bisa diperoleh tanpa harus membayar. Adakalanya dalam sebuah pelatihan fotografi, biasanya diberikan semacam modul dan juga tutorial. Hal ini diberikan agar seorang fotografer memahami teori-teori yang kemudian mereka terapkan. Setiap teori yang diberikan jika diterapkan tentu saja akan meningkatkan teknik fotografi yang mereka miliki. Selain itu saat ini teknologi semakin memudahkan saja. Jika memang di daerah tempat tinggalnya tidak ada sebuah institusi yang memberikan pelatihan fotografi maka segala bentuk tutorial bisa diperoleh melalui internet. Hanya tinggal mengasah kemampuan yang dimiliki, dengan terus memotret dan menerapkan teori yang pernah diperoleh maka bukan tidak mungkin akan menjadi seorang fotografer yang profesional. Tutorial fotografi juga biasa dibagikan dalam komunitas-komunitas fotografi sehingga memudahkan.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: